Pamer Chrome OS, Google Tantang Microsoft

San Francisco - Untuk pertama kalinya, Google akhirnya memamerkan preview sistem operasinya, Chrome OS. Sistem operasi berbasis open source ini digadang-gadang bakal jadi lawan potensial bagi sistem operasi Windows dari Microsoft.

Namun tak seperti Windows, Google menyatakan Chrome OS adalah sistem operasi ideal untuk perangkat di luar komputer utama. Ini mengindikasikan Chrome OS ditujukan bagi perangkat komplementer, bukan untuk komputer primer user.

Dengan slogan 'Speed, simplicity, security', OS ini lebih seperti browser dengan fungsi luas dan bekerja di SSD (solid state drive) ketimbang di hard drive.

Dikutip detikINET dari Reuters, Jumat (20/11/2009), Chrome OS terutama didesain untuk memanjakan pengalaman berinternet user dengan cepat dan aman. Software ini rencananya tersedia pada tahun 2010 di produk netbook murah.

Netbook berbasis Chrome OS hanya akan mampu menjalankan aplikasi web, dan data user bakal disimpan otomatis di server. "Pada dasarnya, ini adalah sebuah mesin web browsing," tukas analis Charlene Li dari Altimeter Group.

Sundar Pichai, Vice President of Product Managemet Chrome OS mengklaim komputer berbasis Chrome OS akan mampu langsung bekerja dalam waktu kurang dari 7 detik. "Kami ingin Chrome OS bekerja sangat cepat, seperti televisi, Anda menyalakannya dan bisa langsung menikmati aplikasi," tukas Pichai.

Tak pelak, persaingan Google dan Microsoft bakal kian 'brutal'. "Ini sungguh sebuah pertarungan maut antara Google dan Microsoft. Saya kira, pertarungan ini pada akhirnya justru akan menguntungkan semua orang," ucap Jim McGregor, analis dari In-Stat. ( fyk / ash )

source : detikinet.com

0 komentar:

Posting Komentar